Menimbang Untung Rugi Mengubah Jok Mobil

Selain kaca film, jok merupakan bagian interior mobil yang biasanya jadi bagian utama modifikasi, pemilik kendaraan. Alasannya beragam, mulai dari ingin membuat tampilan dalam mobil menjadi berbeda dari standar pabrik atau meningkatkan kenyamanan ketika berkendara. Lumrah untuk dilakukan. Namun, menimang untung rugi mengubah jok mobil, lebih banyak mana? Silakan simak artikel ini untuk jawabannya.

  • Dilihat dari bahan yang digunakan

Dipasaran selain bahan fabric bawaan pabrikan, bahan yang dipilih adalah kulit asli dan kulit sintetis. Lantas mana yang harus dipilih? Pemilihan bahan pelapis jok mobil melihat beberapa faktor. Pertama tentu saja adalah dana. Kulit asli misalnya bisa merogoh kantong hingga Rp30 jutaan untuk satu mobil. Kulit sintetis tentu lebih terjangkau dengan beragam merek serta bahan yang ditawarkan. Namun dari kenyamanan, belum ada yang mengalahkan kualitas kulit asli. Saat bersentuhan dengan kulit atau diduduki, memberikan efek sejuk dan tidak panas. Selain itu tentu dari sisi prestise, kulit asli lebih mewah. Ini penting bagi pemilik yang menginginkan sentuhan mewah di mobilnya.

Untuk kulit sintetis, memiliki perawatan yang lebih mudah daripada kulit. Ya, kemudahan sintetis adalah mudah dibersihkan tidak seperti kulit asli atau fabric. Bahkan bisa dilakukan di rumah. Jika ada noda membandel, disarankan menggunakan minyak kayu putih. Bahan ini dapat mengangkat kotoran namun tidak merusak. Oleskan dan gosok perlahan sampai kotoran tersebut hilang. Meski terkenal cukup panas saat bersentuhan dengan kulit, namun beberapa merek saat ini mampu memberikan efek yang sama seperti penggunaan kulit asli. Dari segi warna, bagi yang gemar tampil beda, pilihan warna pada kulit sintetis lebih beragam. Bagi yang mementingkan rasa saat sentuhan, kulit sintetis tidak memiliki pori seperti kulit asli. Selain itu dari segi warna, kulit sintetis lebih cepat memudar. Namun bila rajin dalam perawatan kekurangan ini dapat dihindari dan memperpanjang penampilan kulit sintetis.

  • Dilihat dari cara pemasangan

Memodifikasi jok mobil, terbagi menjadi tiga cara, yaitu paten, semi paten dan sarung. Tetapi, masing-masing punya poin plus dan minus. Pertama jok paten, cara ini dinilai cukup baik karena lapisan jok lama diganti dengan bahan pelapis baru. Alhasil, lebih rapih, dan nyaman karena dilakukan ulang fitting bentuk dan busa. Kedua jok sarung, yang merupakan cara paling praktis dan relatif murah. Cara seperti ini banyak dipilih oleh pengguna mobil, tetapi kekurangannya penampilan jok sarung tidak rapih, timbul gelembung dan mudah bergeser sehingga tidak nyaman digunakan. Umumnya, sering digunakan hanya untuk melindungi jok asli agar tidak cepat rusak atau kotor.

Ketiga, semi permanen yang akhir-akhir ini jarang ditawarkan sebagai modifikasi jok paten. Caranya cukup simpel, karena tidak melepas lapisan jok lama, hanya ditumpuk menggunakan sarung yang menggunakan tali atau risleting. Metode ketiga itu hampir sama dengan jok sarung, risiko menggelebung, dan lapisan bahan terlihat tidak pas sudah pasti terjadi. Namun, semua itu balik lagi kepada kebutuhan dan kemampuan dari pemilik mobil mau pilih cara yang mana untuk memodifikasi interior, terutama bagian jok. Silakan menimang. Dan yang terakhir, perhatikan hal-hal yang ada di poin selanjutnya.

  • Dilihat dari faktor lainnya

Kalau ingin ganti jok, yang pertama harus diperhatikan adalah budget, jangan sampai karena gengsi ingin tampilan jok yang oke tapi budgetnya kurang. Budget juga disesuaikan dengan jenis mobilnya, mobil kelas atas jelas budgetnya akan lebih mahal dari mobil yang biasa. Jangan lupa, pilih pembuat jok yang berkualitas. Sebab, saat ini pembuat jok banyak sekali, tapi jangan sampai tertipu, pilih yang track record-nya bagus. Jangan sampai tertipu harga murah, cari yang berkualitas dan bergaransi, jadi hasilnya juga oke. Dan, tentukan berdasarkan selera. Memilih ubahan jok itu berdasarkan selera, kalau pembuat joknya bagus, sudah pasti ubahan apapun disanggupi. Namun, karena selera orang berbeda, tergantung si pemakai mobil, suka warna apa, mau fungsi yang seperti apa, jadi harus benar-benar tahu seleranya seperti apa.

Jadi, pikirkan dulu ingin ubahan seperti apa. Jangan asal ganti jok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *