Ini Dia 4 Fitur yang Wajib Diperhatikan dan Dibutuhkan Saat Musim Hujan

Memasuki musim penghujan, setiap orang harus berhati-hati terutama bagi Anda yang kerap berkendara tidak hanya menggunakan motor namun juga mobil. Ketidakberesan kendaraan yang dipergunakan saat melaju di musim penghujan misalnya hujan lebat, bisa menyebabkan masalah yang tidak hanya merugikan diri sendiri namun juga orang lain. Karena hal tersebut, selain ban dan rem yang harus terus di pantai dan dicek kondisinya, Anda juga harus mengecek 4 bagian dari mobil berikut ini.

Pertama adalah wiper. Pastikan jika wiper mobil Anda bekerja dengan baik dan juga pastikan jika karet wiper juga berada dalam kondisi baik misalnya tidak getas agar tidak membaret kaca dan juga bisa menyeka air di kaca depan atau belakang dengan baik dan sempurna. Perhatikan ayunan dari wiper tersebut apakah cukup kencang atau tidak. Untuk jenis mobil keluaran terbaru yang memiliki kaca depan yang cenderung lebar serta horizontal menyebabkan air hujan menjadi susah untuk turun ke bagian bawah kaca sehingga butuh jenis wiper yang bagus. Karena hal tersebut, sebelum memilih wiper pastikan tegak tidaknya kaca dari mobil Anda.

Kedua adalah washer. Washer berfungsi untuk menyemprotkan air sebelum wiper dipergunakan. Karena hal tersebut, pastikan jika washer tidak tersumbat dan memiliki kecepatan semprot yang cepat dan tepat serta pastikan persediaan air yang cukup banyak. Jika washer tidak bisa berfungsi dengan baik, kotoran dan debu yang menempel pada kaca akan susah dihilangkan. Sedangkan di saat musim hujan sendiri, saat hujan turun, pasti banyak kotoran dan debu yang beterbangan dan dengan mudah menempel di bagian kaca depan Anda. Untuk menghilangkannya, butuh air yang di semprotkan dengan wiper secara berulang-ulang misalnya 5-10 kali penyemprotan.

Ketiga adalah AC. Komponen atau fitur ini kerap diremehkan saat hujan karena bisa menambah udara dingin yang ada di dalam kabin. Akan tetapi, fungsi AC saat hujan sangat bermanfaat yaitu dengan menyamakan suhu yang ada di dalam mobil dan di luar kabin sehingga tidak terjadi pengembunan yang ada di kaca yang bisa menghalangi pandangan. Pengembunan tersebut akan terjadi jika suhu dalam kabin lebih panas misalnya karena suhu tubuh penumpang dan pengemudi. Jika terjadi pengembunan maka mau tidak mau Anda harus mengelap kaca bagian dalam secara rutin dan hal tersebut akan merepotkan Anda dan juga menghalangi pandangan Anda. Maka dari itu dibutuhkan AC untuk menyamakan suhu di dalam dan luar kabin.

Keempat adalah lampu kabut terutama saat lampu utama sudah tidak efektif misalnya karena turun kabut atau karena hujan yang turun dengan deras. Dengan penggunaan lampu kabut tersebut, bisa memberikan Anda penerangan tambahan yang membantu penglihatan Anda saat Anda sedang menjalankan kendaraan roda empat tersebut sehingga bisa menurunkan resiko terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan, misalnya kecelakaan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *