Cara Merawat Mesin Mobil Sederhana yang Bisa Dilakukan Pemula

Baru memiliki mobil tidak berarti jika Anda tidak boleh menyerahkan semua masalah perawatan mobil pada bengkel. Hal tersebut disebabkan tidak hanya membuat pengeluaran menjadi semakin membengkak namun juga resiko dibohongi pekerja bengkel juga lebih tinggi. Karena hal tersebut, sebisa mungkin Anda harus tahu cara untuk merawat mesin mobil terutama mesin mobil manual. Anda bisa memulai dengan melakukan perawatan sederhana seperti berikut ini.

Tips Perawatan Mobil Avanza

Pertama adalah dengan mengecek starter mobil. Pastikan posisi gear masih dalam posisi normal agar mobil tidak melaju saat Anda mencoba untuk menstarter dan menekan gas. Jika saat Anda menghidupkan starter ternyata mobil tetap tidak bisa hidup, pasti terdapat kerusakan di bagian dalam misalnya karena suplay bahan bakar atau udara berkurang. Jika sedikit banyak Anda tahu mengenai mesin, periksa bagian filter dan cabut filter lalu bersihkan menggunakan sikat gigi dan kuas. Jika memang tidak bisa dihidupkan mesinnya setelah filter dibersihkan, maka hubungi bengkel Anda.

 

Kedua adalah dengan mengganti olinya. Oli harus secara rutin diganti sehingga bisa melindungi mesin dengan baik yang meminimalisir pergerseran konsumen di mesin mobil. Masing-masing mobil mempunyai ketentuan yang berbeda terkait dengan penggantian oli namun umumnya pergantian oli dilakukan saat mobil sudah menempuh jarak 3000-5000 km. Pilih oli yang sesuai dengan kebutuhan mesin mobil. Tidak hanya oli mesin yang harus diperhatikan namun juga oli power steering dan oli rem.

 

Ketiga adalah dengan mengecek kondisi knalpot. Knalpot merupakan komponen penting dalam sistem pembuangan hasil pembakaran yang terjadi di mesin. Gas sisa dari pembakaran akan dikeluarkan lewat knalpot. Karena hal tersebut cek bagian knalpot mobil dan pastikan jika tidak ada yang menyumbat misalnya kotoran tang dapat menyebabkan pembuangan sisa gas menjadi terhambat.

 

Cara lain untuk perawatan mesin mobil secara sederhana yang bisa dilakukan bahkan oleh pemula adalah:

 

  • Dengan sesekali melakukan penarikan gas dengan kuat. Saat Anda mendapati jalan kosong atau yang tidak terlalu ramai dan beresiko, Anda bisa memacu mobil dengan kecepatan yang tinggi terutama jika kendaraan Anda yang lama digunakan. Pada mobil tersebut akan muncul kerak di bagian mesinnya dan untuk menghilangkannya adalah dengan memacu mobil Anda dengan kecepatan yang tinggi sehingga kerak tersebut bisa keluar lewat knalpot.
  • Jangan lupa untuk penuhi tangki bensin mobil Anda. Pilih jenis bahan bakar yang memiliki nilai oktan yang dianjurkan pabrikan agar performa mobil bisa maksimal. Memilih BBM yang tepat saja tidak cukup namun Anda juga harus memenuhi tangki bensin. Hal tersebut disebabkan tangki bensin yang tidak penuh bisa menyebabkan bagian atas dari tangki yang tidak terkena cairan bisa dipenuhi kerak dan kotoran dan akan sangat berbahaya jika kotoran dan kerat tersebut bercampur dengan bahan bakar dan akhirnya terbawa ke saluran pembakaran.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *